fashion

Rekomendasi Kain Baju Sejuk dan Nggak Mudah Bau

Rekomendasi Kain Baju Sejuk dan Nggak Mudah Bau

Akurasi.id – Setiap orang pastinya ingin kenyamanan saat mengenakan baju, agar aktivitas bisa berjalan dengan lancar. Namun nyatanya ada lo beberapa bahan baju yang membuat efek sebaliknya. Yup, ada jenis kain tertentu yang malah bikin bau. Tentu kita nggak mau dong seperti itu, maka dari itu kita perlu jeli saat memilih baju atau kain sebelum membelinya, agar dapat kain yang enggak mudah bau.

Nah berikut ini, ada beberapa rekomendasi kain yang sejuk dan bisa bikin kamu lebih nyaman beraktivitas seharian karena anti gerah dan enggak mudah bau. Pastinya cocok banget buat kamu yang hobi banget berkeringat banyak, dijamin deh bakal nyaman seharian.

  1. Cotton Combed,yang terbuat dari serat kapas murni. Pas banget digunakan di Indonesia yang beriklim tropis

Cotton combed merupakan salah satu jenis kain katun yang terbuat dari serat kapas murni. Kalau kamu bingung, biasanya kain ini dapat ditemukan pada kaus-kaus distro yang cenderung agak tebal. Tentunya kain ini sangat bisa menyerap keringat, pori-pori yang dimiliki juga akan membuat nyaman beraktivitas.

  1. Kain sutra memang relatif lebih mahal, tapi kualitasnya memang sudah teruji bikin kamu nggak gampang merasa gerah karena kainnya sangat nyaman

Sutra merupakan kain yang terkenal dengan kualitasnya yang tinggi karena rasa lembut dan sejuk saat dikenakan. Selain itu sutra juga bisa mengurangi risiko bau badan. Kelebihan lain dari kain sutera adalah  aman dipakai oleh penderita eczema dan asma. Pasalnya, bahan ini tidak disukai jamur, baik untuk menghindari reaksi alergi, serta bisa membantu memperbaiki kualitas tidur.

Namun perlu harga yang lumayan mahal untuk kualitas yang baik. Perawatannya juga tak bisa sembarangan karena kalau terlalu keras mencuci bahan sutra maka kain tersebut akan rusak dan permukaannya tak lagi licin.

  1. Linen yang terbuat dari tenunan serat rami, menyerap keringat dengan baik

Linen merupakan kain yang teksturnya yang halus tidak mudah menimbulkan gatal-gatal atau iritasi. Hal ini pula yang membuat linen menjadi bahan favorit untuk seprai kasur agar lebih sejuk. Wah multifungsi banget ya, kalau untuk baju usahakan pilih yang lebih halus ya, SoHip.

  1. Selanjutnya ada kain viscose yang juga berkualitas tinggi mirip linen tapi lebih lembut

Viscose merupakan salah satu kain yang terasa sejuk, mudah menyerap keringat serta terkesan mewah, walau tak semewah sutra. Viscose dipintal dari serat sintetis, karena bahan utamanya berasal dari sumber alami yang diproses dengan bahan kimia agar menjadi lembut. Di sisi lain kain ini juga menyerupai linen dengan tekstur yang lebih lembut. Bahan ni sering digunakan untuk pakaian, gaun hingga underwear

  1. Terakhir ada kain chambray. Nah, buat kamu pecinta denim pasti cocok banget dengan kain yang satu ini

Sekilas motif dan warnanya mirip ya sama denim, tapi sebenarnya kain chambray beda lo sama denim. Kain chambray adalah jenis kain yang terbuat dari bahan alam, seperti linen atau katun. Tipe kainnya dingin sehingga nyaman digunakan di cuaca yang panas seperti di sebagian besar wilayah Indonesia.

Dari lima bahan diatas memiliki kelebihan berupa anti gerah, bau dan juga dapat menyerap keringat dengan baik. Akan tetapi tetap harus perhatikan material kain dan juga alergi yang SoHip miliki. Kan nggak lucu, sudah terlanjur beli eh malah gatal-gatal kalau dipakai kan? (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Hipwee.com

 

 

 

Mengenal Asal Usul Fesyen Cottagecore Khas Pedesaan Eropa

Mengenal Asal Usul Fesyen Cottagecore Khas Pedesaan Eropa

Akurasi.id– Salah satu fesyen yang sempat menjadi tren saat masa pandemi adalah cottagecore. Bahkan ada beberapa selebritas yang turut mengikuti tren fesyen sekaligus gaya hidup ini, seperti halnya David Beckham hingga Harry Styles lo! Hal tersebut tergambar dari cara mereka berpakaian dan juga kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari. Konon tren cottagecore terinspirasi dari kehidupan romantis di pedesaan, apa aja sih serba-serbi dan asal usul fesyen cottagecore ini?

Cottagecore merupakan salah satu jenis dari trend aesthetic yang ada di berbagai platform

Aesthetic atau estetika secara makna bisa diartikan sebagai keindahan. Namun lama kelamaan estetika ini semakin berkembang dan memiliki jenisnya masing-masing, termasuk juga dengan estetika cottagecore. Estetika ini terinspirasi dari romantisasi kehidupan pedesaan yang damai dan tenang.

Tagar #cottagecore banyak bermunculan di media sosial seperti di Tumblr atau Tiktok  pada tahun 2017 dan semakin dikenal pada tahun-tahun berikutnya. Tagar #cottagecore tersebut biasanya bersamaan dengan berbagai inspirasi OOTD atau foto-foto lain yang masih satu tema.

Estetika ini muncul dari gaya hidup dan berbusana di pedesaan Eropa pada tahun 1970

Dilansir dari Insider, gerakan ini merupakan impian untuk tinggal di gubuk tengah hutan, tanpa teknologi, mengonsumsi makanan sehat dan menghirup udara bersih. Hal ini merujuk pada gaya hidup pedesaan pada tahun 1970 di negara bagian barat. Kehidupan pedesaan yang mayoritas petani tersebut diibaratkan dengan romantis dan harmonis. Dari sana pula terinspirasi fesyen cottagecore yang kita kenal saat ini.

Karena pengaruh lockdown, orang-orang mencari alternatif gaya hidup dan berbusana, muncullah gaya Cottagecore ini

Andrew Groves, seorang professor fesyen di Universitas Westminster, Inggris, mengatakan bahwa cottagecore memengaruhi tren dalam fesyen pria selama pandemi. Hal ini merupakan  pelarian dari rasa jenuh karena terus-terusan “dikurung” di rumah.

Dilansir dari Guardian selama pandemi banyak orang yang mendambakan kehidupan yang santai, nyaman dan bebas penyakit seperti hanya di pedesaan sehingga nggak mengherankan jika tren fesyen turut mengikuti gaya hidup tersebut. Hal ini bisa tergambar dari penggunaan gaun-gaun santai yang terinspirasi dari gaya Victoria serta serta berbagai macam fesyen item lainnya yang multifungsi dan nyaman, terutama untuk berkebun dan bersantai di rumah.

Fesyen cottagecore cenderung lebih feminin, namun tetap adan nuansa modern serta mengutamakan kepraktisan dan kenyamanan

Biasanya fesyen cottagecore identik dengan flowy dresses dan banyak menggunakan rok bagi perempuan. Dalam mengenakan pakaian biasanya menggunakan teknik layer dengan kantung yang besar, lengan yang puffy dan bisa juga menggunakan outer atau sweater. Warna-warna yang digunakan biasanya warna netral dan kalaupun bermotif, bisa menggunakan motif bunga, garis, paisley dan gingham.

Tentunya fesyen ini semakin romantis dan sentimental dengan sentuhan aksesoris buatan sendiri. Selain itu. bordiran-bordiran bernuansa alami seperti hewan dan tumbuhan juga bisa menambah kesan cottagecore. 

Bagaiamana, sudah tahu kan aal usul Fesyen cottagecore ini. Fasyen ini tentunya bisa kamu gunakan walaupun pandemi telah berakhir sekali pun. Tentunya cocok banget buat kamu yang punya selera yang feminin, fesyen ini bikin kamu terlihat makin cantik dan seperti baru keluar dari negeri dongeng. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Hipwee.com

 

 

 

Tips Memilih Helm Full Face Agar Pas untuk Anda

Tips Memilih Helm Full Face Agar Pas untuk Anda

Akurasi.id – Punya helm full face yang bagus dan mempunyai merk terkenal bisa jadi kebanggan, apalagi helm tersebut memiliki harga sampai jutaan rupiah. Tapi apakah hal tersebut menjadi salah satu hal penting dalam pemilihan helm? Dalam memilih helm full face sebenarnya tidak harus mahal, yang terpenting adalah nyaman dan aman saat digunakan, dan harus sudah Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kalau Anda ada rencana mau beli helm full face baru, berikut tipsnya dilangsir dari nusantara-sakti.com, Sabtu (27/11/2021).

Sesuaikan ukuran helm dengan kepala.

Carilah helm yang menekan bagian pipi dan dahi, jangan menggunakan helm yang terlalu sempit atau longgar.

Cara mengeceknya sempit atau longgar gampang kok Sob, coba pakai helm tersebut selama 30 detik, jika busa helm menekan kedua pipi terlalu dalam dan dahi terasa sakit berarti helm tersebut terlalu kecil. Jika Sobat gelengkan kepala ke kiri dan ke kanan, lalu helm bergeser, berarti helm tersebut terlalu longgar.

Pilih kaca helm yang bening / visor bening.

Saat helm digunakan pada malam hari, kaca helm tidak akan menjadi penghalang karena membuat pandangan menjadi gelap. Jika digunakan pada siang hari dan terasa silau, Sobat bisa menggunakan kacamata hitam. Untuk sekarang beberapa helm sudah memiliki fitur double visor yang memiliki visor hitam tambahan yang sudah terpasang di helm.

Pilih helm full face yang menggunakan desain kunci di bagian leher.

Agar tidak mudah lepas. Sobat bisa periksa terlebih dahulu mekanisme cara kerja penguncian helm tersebut.

Jika Sobat memakai kacamata, bisa memilih jenis helm full face yang flip-up (buka tutup).

Perhatikan bagian mekanisme kuncian buka tutupnya. Pastikan helm tersebut ketika dibuka tutup dapat menutup kuat dan baik.

Periksa juga kekencangan pada bagian baut penahan kaca helm.

Bagian ini biasanya yang paling mudah mengalami kerusakan, jadi pilih helm yang memiliki pengait kaca helm yang kuat.

Periksa sertifikasinya.

Sertifikasinya juga yang khusus dan dikeluarkan oleh lembaga tertentu, misal DOT, SNELL, SNI, dan lain sebagainya.

Untuk lebih memudahkan Sobat dalam memilih ukuran, berikut chart yang bisa gunakan untuk memilih ukuran helm yang pas. Sesuaikan dengan ukuran lingkar kepala Sobat.

  •  Ukuran S = 55 – 56 cm
  •  Ukuran M = 57 – 58 cm
  •  Ukuran L = 59 – 60 cm
  •  Ukuran XL = 61 – 62 cm

Ingat, intinya pakai helm full face bukan karena merk beken atau harga yang mahal. Tapi gunakan helm yang aman dan nyaman saat digunakan. Selalu safety riding dan cari aman. (*)

Editor: Rezki Jaya
Sumber: Nusantara-sakti.com

Ini Bedanya Thrift dan Preloved, Sama-sama ‘Bekas’ tapi Berbeda Sumber

Ini Bedanya Thrift dan Preloved, Sama-sama ‘Bekas’ tapi Berbeda Sumber

Akurasi.id – Tren membeli baju bekas atau secondhand memang sudah ada sejak lama. Nah, kalau dahulu orang membeli baju bekas karena tidak sanggup membeli baju baru, sekarang gerakan membeli baju bekas tersebut dianggap biasa dan justru menjadi budaya hidup hemat. Nggak sedikit pula yang menganggap kebiasaan ini lebih ramah lingkungan lo.

Gaya belanja baju bekas belakangan ini kerap disebut dengan thrift dan preloved. Meski pada intinya keduanya memiliki arti yang sama, yaitu ‘bekas’, tetapi ternyata keduanya memiliki makna yang berbeda lo. Nah, buat kamu yang saat ini lagi ingin mencoba mengikuti tren belanja baju thrift atau preloved, yuk simak dulu bedanya thrift dan preloved.

Jadi apa itu thrift? Meski serupa, ternyata sedikit berbeda lo dari preloved

Arti kata thrift identik dengan barang bekas atau secondhand. Biasanya, barang-barang thrift berasal dari luar negeri. Untuk membeli barang-barang bekas tersebut kamu bisa mengunjungi thrift shop. Dikutip dari Highlark, thrift shop diidentifikasi sebagai toko yang menjajakan berbagai macam barang (termasuk baju) dengan harga sangat murah.

Mengapa sangat murah? Karena barang yang dijual di thrift shop biasanya berasal dari luar negeri dan merupakan barang donasi. Seiring berjalannya waktu, istilah thrift shop ini berkembang menjadi penjual barang bekas yang berasal dari luar negeri (bukan donasi).

Jika kamu mengunjungi thrift shop, kamu akan menemukan banyak sekali barang bekas dengan harga murah

Ada banyak banget pilihan di thrift shop, sampai dijamin kamu bakal kalap sendiri. Akan tetapi saking banyaknya terkadang barang-barang yang dijual di thrift shop ini menjadi nggak tertata rapi. Itu artinya kamu harus pandai dan jeli memilih baju yang akan kamu beli agar mendapatkan barang yang layak pakai, cukup berkualitas dan menarik.

Lalu, apa itu preloved? Mirip-mirip sih, tapi ini lo bedanya

Berbeda dengan thrift shop yang menjual banyak barang atau baju bekas dalam sebuah tumpukan, preloved merupakan barang milik pribadi yang masih layak pakai. Apabila seseorang menjual barang pribadinya yang masih layak pakai, maka itu dinamakan preloved. Biasanya, barang yang dijual preloved adalah berupa barang fesyen (pakaian, tas, sepatu, dll).

Preloved adalah bisnis jual beli barang fesyen dalam kondisi bagus serta layak pakai. Biasanya barang preloved adalah fesyen bermerk terkenal. Dengan membeli barang preloved ini, maka kamu akan mendapatkan barang bermerek impianmu dengan harga yang lebih murah.

Tidak jarang barang yang dijual secara preloved adalah koleksi pribadi yang sulit dicari di pasaran

Meski sekilas sama dengan barang thrift, biasanya barang preloved ini adalah barang koleksi pribadi sehingga menjadi istimewa. Pasalnya membeli barang yang langka dan sulit dicari di pasaran membuat pelanggan merasa tidak hanya membeli barang, tetapi juga nilai prestise dari produk tersebut.

Kesimpulannya adalah bedanya thrift dan preloved berasal dari jenis bisnisnya, apabila thrift menjual banyak barang bekas di satu tempat dan berasa dari luar negeri, sedangkan preloved merupakan barang milik pribadi yang masih layak pakai kemudian dijual.

Nah, gimana nih? Sudah bisa bedain kan antara barang thrift dan preloved? Sekarang kamu tentukan sendiri mau beli baju bekas dari mana. Selamat hunting! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Hipwee.com

 

 

 

Tips Memperhatikan Bahan Gamis yang Berkualitas

Tips Memperhatikan Bahan Gamis yang Berkualitas

Akurasi.id – Bukan hanya modelnya yang cantik, kamu juga perlu mempertimbangkan bahan gamis yang berkualitas agar nyaman digunakan untuk gaya keseharian. Apalagi buat hijabers yang sering beraktivitas di luar, terik sinar matahari bisa membuat baju gamis kamu terasa tidak nyaman dan gampang keringatan kalau salah memilih bahan.

Jadi, selain memilih gamis sesuai bentuk tubuh, perhatikan juga bahan-bahan gamis yang berkualitas, dilangsir dari review.bukalapak.com, Kamis (25/11/2021).

Bahan katun

Gamis bahan katun terbuat dari kapas yang teksturnya lembut, halus dan tidak panas dipakai. Bahan katun menjadi salah satu bahan gamis andalan buat pemakai hijab. Selain adem, model gamis katun juga gampang dicuci dan tidak mudah kusut.

Bahan kaos 

Selanjutnya, bahan kaos yang dikenal dengan sebutan bahan gamis spandek atau lycra ini teksturnya lembut, lentur, elastis, ringan, cepat kering sehabis dicuci, dan cepat menyerap keringat. Bahan ini biasanya dibuat sebagai bahan utama baju renang.

Bahan ceruti

Bahan ceruti termasuk tipis dibanding dengan bahan gamis lainnya tapi terlihat indah dan berkelas ketika dipakai. Selain tipis, ciri khas lainnya adalah memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah dibentuk dibanding sifon. Biar tidak terlalu tipis, biasanya gamis dengan bahan ceruti memakai furing lagi di dalamnya.

Bahan jersey

Bahan jersey menjadi bahan favorit bagi desainer pembuat gamis. Bahan jersey adalah bahan kain yang terbuat dari serat kapas dan dicampur dengan bahan karet dan plastik yang bersifat adem, mudah menyerap keringat, bahannya jatuh dan agak mengilap. Biasanya model gamis terbaru yang memakai bahan jersey menambahkan bahan brokat dan dan renda yang mempercantik penampilan secara keseluruhan.

Bahan wolfis

Bahan gamis ini tebal dan tidak akan tembus pandang jadi aman untuk dipakai di gaya keseharian tanpa harus memakai furing. Walau tebal, bahannya sangat adem dan tidak membuat kamu kepanasan. (*)

Editor: Rezki Jaya
Sumber: Review.bukalapak.com

 

Tips Memilih Gamis Sesuai Bentuk Tubuh

Tips Memilih Gamis Sesuai Bentuk Tubuh

Akurasi.id – Baju gamis merupakan fashion item yang paling populer saat bulan Ramadhan dan Lebaran. Pada saat-saat seperti ini, gamis memang seperti “seragam” wajib untuk digunakan, terutama pada acara-acara spesial seperti acara buka bersama sahabat karib, rekan kerja, teman sekolah dan juga keluarga besar. Untuk itu Anda butuh tips memilih gamis sesuai bentuk tubuh.

Wajar saja gamis menjadi outfit andalan. Sebab, busana gamis cenderung sederhana dan tidak repot ketika digunakan. Namun, jangan salah memilih gamis ternyata gampang-gampang susah, lho. Oleh karena itu, supaya kamu tak salah memilih gamis, berikut ini adalah tips memilih gamis sesuai bentuk tubuh, dilangsir dari review.bukalapak.com, Selasa (23/11/2021).

Pilihlah gamis berpotongan lebar untuk si tubuh kurus

Bagi kamu perempuan yang bertubuh kurus, sepertinya busana gamis dengan model potongan lebar di bagian bawah atau model clock merupakan pilihan yang cocok untukmu. Tidak usah khawatir potongan yang lebar di bagian bawah akan membuat tubuhmu terlihat semakin kurus.

Justru, potongan bawah yang lebar akan membuat ilusi tubuh yang lebih berisi. Selain itu, kamu juga bisa mencoba memilih gamis dengan motif yang ramai atau bahan dengan tekstur di permukaannya yang juga bisa memberikan ilusi tubuhmu terlihat lebih berisi.

Pastikan memilih ukuran yang benar-benar pas untuk perempuan yang berisi

Selanjutnya, bagi kamu perempuan dengan tubuh yang berisi jangan takut mencoba beragam model busana gamis, ya. Kuncinya bagi perempuan dengan tubuh yang berisi adalah dengan memilih ukuran yang benar-benar pas denganmu. Jangan pilih busana gamis berukuran terlalu besar atau dengan model yang terlalu longgar.

Sebab, bukannya memberikan ilusi tubuh yang lebih ramping, busana gamis yang kebesaran malah akan membuat tubuhmu terlihat semakin besar. Kamu juga tidak perlu takut untuk menggunakan warna-warna pastel karena takut terlihat semakin besar. Selain itu, kamu juga bisa bermain dengan motif pada gamismu lho, terutama dengan motif bunga kecil-kecil.

Pastikan busana gamis menegaskan bagian torso dengan potongan jahitan di pinggang

Sementara, untuk kamu perempuan bertubuh mungil mungkin salah satu model busana gamis yang cocok untuk kamu gunakan adalah gamis yang memiliki potongan di bagian pinggang. Dengan begitu, kamu akan menegaskan bagian torsomu dan membuat ilusi tubuh yang lebih jenjang.

Selain dengan potongan di bagian pinggang, penegasan itu juga bisa dilakukan dengan memilih gamis yang memiliki aksen brokat di bagian atasan atau yang memiliki warna kontras. Kamu juga bisa mengakalinya dengan menggunakan belt yang digunakan tepat di bagian pinggang.

Busana gamis cutting umbrella untuk si kurus jangkung

Hampir sama dengan perempuan bertubuh mungil, hijabers dengan tubuh kurus jangkung juga sepertinya cocok menggunakan gamis yang memberikan sedikit bentuk tubuh.

Bedanya, jika perempuan bertubuh mungil disarankan untuk menegaskan lekuk tubuh di bagian pinggang untuk ilusi tubuh yang lebih jenjang, perempuan dengan tubuh kurus jangkung disarankan untuk menegaskan potongan busana gamis di bagian bawah dada atau dikenal dengan cutting umbrella. Selain itu, pilih bahan pakaian yang ringan dan flowy agar kamu tetap memperlihatkan jenjang tubuhmu dengan sedikit tambahan lekuk.

Untuk perempuan bertubuh jam pasir, embrace your curve

Sementara itu, untuk perempuan dengan bentuk tubuh jam pasir sebaiknya kamu memanfaatkan bentuk tubuh dengan baik. Sebab, hampir semua jenis pakaian cocok digunakan oleh perempuan dengan bentuk tubuh jam pasir dan jika kamu mau, kamu tinggal menegaskan lekuk-lekuk tubuhmu. Misalnya dengan memilih gamis dengan potongan di pinggang.

Pilihlah gamis berpotongan longgar untuk tipe tubuh buah pear

Perempuan dengan tipe tubuh pear biasanya memiliki pinggul lebih lebar dari bahu. Nah, gamis yang tepat untuk perempuan dengan tipe tubuh seperti ini adalah berpotongan longgar tanpa aksen apapun dan biarkan gamis jatuh saat dipakai. Jika ingin menambahkan aksen manis, mainkan saja pada detail seperti beads pada bagian kerah atau bros yang mempercantik tampilan.

Gamis yang memiliki potongan dada untuk pemilik tipe tubuh segitiga terbalik

Perempuan dengan tipe tubuh segitiga terbalik memiliki bahu lebar dengan pinggang dan bokong ramping. Pilihlah gamis dengan model potongan di bagian dada. Model ini akan menyamarkan bagian dada yang lebar agar tampak lebih proporsional. Untuk bawahan dress, kamu bisa memilih dress dengan model flare atau lurus.

Gamis bermotif dengan aksen belt di bagian pinggang untuk si tubuh lurus

Untuk kamu yang memiliki tubuh lurus bisa menyiasati dengan model gamis yang bermotif untuk memberikan ilusi tubuh lebih berbentuk. Ditambah lagi dengan aksen belt atau pita di bagian pinggang. Selain pita, bisa juga diganti dengan aksen serut atau brokat di area pinggang yang memberi kesan lekukan tubuh serta mempermanis penampilanmu.

Pemilik tubuh berbentuk apel bisa kenakan model gamis yang fit body

Bentuk tubuh yang montok dan berisi di bagian tengah merupakan karakteristik pemilik tubuh apel. Area dada dan perut cenderung menonjol. Walau begitu, kamu tak perlu menutupinya dengan gamis yang longgar, lho. Justru kalau kamu memilih gamis yang terlalu loose, tampilan kamu jadi semakin besar. Siasati dengan gamis yang memiliki siluet ketat atau menciptakan ilusi fit body seperti aksen lipit pada bagian bawah gamis. Dijamin, model gamis seperti ini akan membuat tubuhmu terlihat lebih langsing.

Pilih gamis dengan model A-line untuk bentuk tubuh segitiga

Menyerupai bentuk tubuh segitiga terbalik, bentuk tubuh ini memiliki bahu yang lebar dan mengecil di bagian pinggang. Jangan kenakan gamis yang mengecil pada bagian bawah. Hal ini malahan membuat area bahumu menjadi semakin lebar. Cobalah memilih model gamis dengan bentuk A-line. 

Jadi, model gamis mana yang pas dengan tubuhmu? (*)

Editor: Rezki Jaya
Sumber: Review.bukalapak.com

Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah, Terlihat Stylish

Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah, Terlihat Stylish

Akurasi.id – Ingin kacamata yang Anda kenakan cocok dengan bentuk wajah Anda?  Sebelum memilih kacamata model terbaru, kenali dahulu bentuk wajah Anda.  Setelah mengenali bentuk wajah Anda, selanjutnya pilihlah kacamata yang pas. Untuk itu perhatikan tips memilih kacamata berikut.

Bingkai kacamata yang Anda pilih secara tepat bisa menutupi kekurangan wajah Anda sehingga membuat wajah Anda menjadi kelihatan ideal dan menjadi kacamata gaya pribadi Anda.

Berikut tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah, dilangsir dari optiktunggal.com, Selasa (16/11/2021).

Wajah Triangle/Segitiga

Anda merasa berwajah segitiga pilihlah bingkai kacamata dengan bagian atas yang lebih lebar dibandingkan bagian bawahnya, jenis bingkai nylor atau half frame bisa Anda pilih. Hal ini dapat meminimalkan lebar dagu dan menyeimbangkan sisi atas dengan bagian bawah wajah Anda. Hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai dengan gagang yang lebar.

Wajah Oval

Bentuk bingkai kacamata apapun cocok bagi Anda yang merasa berwajah oval dan dapat mengikuti trend fashion kacamata. Hal yang perlu dihindari adalah bingkai bentuk ekstrim dan lebarnya melebihi bagian terluas wajah.

Wajah Oblong/Panjang

Anda yang merasa berwajah oblong atau panjang, pilihlah bingkai kacamata bentuk kotak dengan gagang kacamata yang lebih rendah. Hal ini akan membuat wajah tampak lebih lebar dan pendek. Hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai kacamata yang lebih lebar dari wajah Anda.

Wajah hati/Heart

Anda yang merasa berwajah hati pilihlah bingkai kacamata yang meminimalkan bentuk bingkai bagian depan maka bingkai kacamata frameless/frame tanpa bingkai dapat Anda pilih. Hal ini membuat dahi dan rahang seimbang dan meminimalkan lebar dahi dan menarik mata ke bagian bawah wajah kamu. Hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai dengan posisi gagang kacamata yang tinggi.

Wajah Bulat

Anda yang merasa berwajah bulat, pilihlah bingkai kacamata bentuk persegi atau kotak dengan posisi gagang kacamata tinggi. Bentuk kotak atau persegi ini akan membuat wajah Anda kelihatan lebih panjang. Hal yang perlu dihindari adalah bingkai bundar dan gagang kacamata tebal dan warna gelap.

Wajah Kotak

Anda yang merasa berwajah kotak, pilihlah bingkai kacamata bentuk oval atau bundar, karena kacamata bulat ini untuk menyamarkan garis wajah atau memberi garis lengkung wajah dan membuat wajah lebih panjang. Hal yang perlu dihindari adalah memilih bingkai kotak.

Wajah Wajik/Diamond

Anda yang berwajah wajik pilihlah bingkai kacamata dengan bagian atas yang lebih lebar dibandingkan bagian bawahnya maka bingkai kacamata half frame/Nylor dapat Anda pilih. Hal ini untuk mengurangi bentuk wajah yang bersudut. Hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai bersudut. (*)

Editor: Rezki Jaya
Sumber: Optiktunggal.com

Fashion Brand Lokal Pernah Dipakai Idol Korea Ternama

Fashion Brand Lokal Pernah Dipakai Idol Korea Ternama

Akurasi.idBrand boleh lokal, namun jangan remehkan kualitas maupun pamornya. Pada kenyataanya banyak brand atau merek lokal yang kini semakin dikenal secara internasional. Bahkan beberapa idol Korea juga beberapa kali kedapatan mengenakan fashion brand lokal Indonesia.

Tentunya hal tersebut membuat kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Nah kira-kira fashion brand lokal apa saja sih yang pernah dikenakan oleh K-Pop Idol yang mendunia ini? Yuk kita cari tahu!

  1. Kai EXO yang menggunakan Printandpattern.id by Rachel Ajeng & Team. Kemeja ini memiliki desain yang abstrak dan unik, milik Kai seharga Rp 500.000, 00
  2. Selanjutnya BrandOnpoint Streetwear asli Indonesia yang digunakan oleh Doyoung Treasure. Dengan harga Rp 392.000,00 kamu udah bisa kembaran sama biasmu
  3. Faith and Fade merupakan salah satubrandlokal yang karyanya dipakai oleh Junghwan Treasure. Kaos ini merupakan hadiah dari salah satu fans Indonesia, harganya Rp. 240.000,00
  4. Member Treasure lagi, kini giliran Jaehyuk yang mengenakan local brand,Gozeal. Harganya lumayan terjangkau, hanya Rp 150.000,00
  5. Sama seperti teman satu grupnya, Hyunsuk Treasure juga pernah mengenakan pakaian dari brandlokal asal Bandung yakni MJRN. Kaos ungu ini dibanderol dengan harga Rp 175.000,00
  6. Idol dari grup NCT yakni Mark Lee juga pernah menggunakan kemeja karya Elhaus, brand lokal Indonesia. Glide Shirt Tiger dengan motif unik ini seharga Rp 680.000,00
  7. Penyanyi solo Woodz yang juga dikenal sebagai mantan member X1 pernah menggunakan topi dari brandlokal asal Tangerang, Thanksinsomnia. Harga sekitar Rp 150.000,00
  8. Koleksi jaket Roughneck 1991 juga pernah digunakan oleh Bang Yedam Treasure dalam sebuah kesempatan. Jaket hijau karya brandasal Depok ini seharga Rp 195.000,00
  9. Kalau brand ini sih nggak usah ditanya, Damn I Love Indonesia memang sudah terkenal bahkan sejak idol generasi 2 sedang jaya-jayanya. Brandini milik artis Daniel Mananta
  10. Terakhir, ada Jin BTS yang mengenakan brandDeva States dalam sebuah pemotretan, Army pastinya bangga nih. Atasan seharga Rp. 950.000,00 ini bahkan langsung ludes terjual

Nah, itu tadi brand lokal yang pastinya nggak kalah kualitas dong dengan brand internasional bintang asal Korea aja. Yuk dukung produk lokal agar semakin berkualitas dan berkembang! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Gegara Busana Adele, Penjualan Korset dan Gaun Serupa Naik Drastis

Gegara Busana Adele, Penjualan Korset dan Gaun Serupa Naik Drastis

Akurasi.id – Kabar kembalinya penyanyi papan atas asal Inggris, Adele di industri musik mendapat sambutan baik dari para penggemarnya di seluruh dunia. Setelah 5 tahun vakum di dunia musik, Adele kembali merilis single baru berjudul Easy on Me yang dirilis secara resmi pada 15 Oktober 2021 lalu. Sebagai penyanyi papan atas yang kembali berkarya, ternyata Adele memberikan pengaruh yang begitu besar. Utamanya pada penjualan korset dan gaun. Kok bisa?

Come back Adele tidak hanya berdampak di industri musik saja, tapi juga di dunia fesyen. Pasalnya, penampilan Adele di sampul majalah Vogue baru-baru ini memicu kenaikan penjualan korset dan gaun seperti yang dikenakannya. Apalagi Adele muncul di dua majalah Vogue sekaligus, yakni Vogue Amerika dan Vogue Inggris edisi November 2021.

Pencarian korset yang dikenakan Adele pada sampul Vogue Inggris mengalami kenaikan penjualan mencapai 73%

Sebelum Vogue edisi November rilis, penampilan Adele dalam sampul majalah tersebut memang sudah muncul di berbagai media. Adele mengenakan gaun couture model korset kuning karya Vivienne Westwood dengan lengan off the shoulder, ditambah bros mewah keluaran Tiffany & Co. Penampilan cantik sang musisi sekaligus lahirnya single yang begitu menyentuh pendengar, membuat penampilan Adele tersebut mempengaruhi tren fesyen dunia.

Melansir dari Foot Wear News, pencarian korset Vivienne Westwood mengalami peningkatan tajam. Bahkan, menurut data Lyst, kenaikan penjualannya mencapai 73% sejak seminggu setelah sampul tersebut disiarkan di berbagai media. Diketahui tren gaun korset tersebut sudah dikenalkan Westwood pada tahun 1990an dan kembali menjadi tren di beberapa pekan fesyen baru-baru ini.

Peningkatan pencarian di internet juga terjadi pada gaun yang dikenakan Adele di sampul Vogue Amerika, penjualannya naik hingga 48%

Adele tampil anggun di sampul Vogue Amerika dengan mengenakan gaun hijau couture dari Valentino yang dirancang oleh Pierpaolo Piccioli. Sebenarnya model gaun tersebut cukup berbeda dengan yang ia kenakan di Vogue Inggris. Namun, pengaruh Adele yang begitu kuat, ternyata juga berdampak besar pada peningkatan pencarian gaun couture Valentino tersebut. Artinya, Adele mampu menciptakan 2 tren yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Gaun hijau dari merek asal Itali ini mengalami peningkatan di mesin pencarian internet yang cukup signifikan, sementara itu penjualannya juga mengalami kenaikan hingga 48% sejak sampul tersebut dirilis resmi oleh Vogue. Hal ini tidak lepas dari tren gaun romantisme yang sedang laris dipasaran, terlebih kemunculan Adele yang membawa single bertema perjuangan romantisme ikut menambah antusiasme konsumen.

Selain sebagai penulis lagu dan penyanyi ternama, Adele memang memiliki peran yang berarti di industri fesyen dunia

Pengaruh Adele dalam peningkatan penjualan korset dan gaun sebenarnya bukan pertama kalinya. Melansir dari The Guardian, sebelumnya Adele memang kerap mengenakan korset modern pengganti korset kuno  yang dijadikan simbol feminis dan dikenakan oleh para super model Lizzo, Billie Eilish dan Bella Hadid. Hal tersebut membuat korset yang dikenakan Adele menjadi lebih laku di pasaran.

Saat tampil di dua sampul Vogue sekaligus, juga menambah antusiasme konsumen terutama para kolektor busana couture. Pasalnya, kemunculan Adele di Vogue Inggris dan Amerika merupakan sejarah bagi industri fesyen. Sebelumnya, Vogue belum pernah menggunakan model yang sama pada sampul yang berbeda. Namun, tampaknya hal tersebut sebuah pengecualian bagi Adele. Maka nggak heran jika korset dan gaun yang dikenakan Adele diminati banyak orang.

Sebenarnya Adele tidak hanya mempengaruhi korset dan gaun mewah yang dikenakannya pada sampul Vogue saja. Ia bahkan masuk pada daftar model yang memeriahkan parade luxury fashion di Inggris. Adele mengikuti berbagai pemotretan dari baju, sepatu hingga tas dari Louis Vuitton, Dior, Valentino, Christian Loubotin, dan Chanel.

Wah, ternyata sebagai musisi papan atas yang lama hiatus, Adele memberikan dampak yang cukup besar di dunia fesyen, ya. Kalau begini, menurutmu Adele lebih cocok jadi musisi atau influencer nih? Hehe! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Hipwee.com

 

 

 

Prediksi Tren Fesyen 2022 Versi Vogue

Prediksi Tren Fesyen 2022 Versi Vogue

Akurasi.id – Menjelang akhir tahun ini, sebagian besar orang mulai menyiapkan segala sesuatu untuk menciptakan perubahan di tahun baru nanti. Salah satunya adalah melakukan prediksi tren fesyen yang akan mengalami banyak perubahan dari 2 tahun sebelumnya.

Bagaimana pun pandemi memang turut mengubah tren fesyen di mana orang-orang mengutamakan fungsi dan kenyamanan dalam berbusana di berbagai kondisi yang serba terbatas.

Nah, untuk menyiapkan tren di tahun 2022 nanti beberapa editor fesyen di Vogue mulai menyeleksi busana apa saja yang akan ditinggalkan dan apa saja yang akan menggantikannya. Tren fesyen 2022 nanti, tentunya mengandung harapan besar bahwa dunia kembali pulih dari pandemi dan orang-orang lebih bisa mengekspresikan busana mereka. Apa saja ya prediksi tren fesyen yang akan berubah?

  1. Tren Y2K, athleisureatau tren lain yang menggabungkan pakaian olahraga dan kenyamanan di berbagai kegiatan akan digantikan dengan pakaian feminin seperti rok

Selama pandemi orang-orang memilih untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan memiliki berbagai fungsi. Maka, tren Y2K, athleisure dan sejenisnya menjadi pilihan banyak orang untuk berkegiatan. Namun, di tahun 2022 nanti banyak orang berharap pandemi selesai dan ingin segera mengganti pakaian yang lebih cantik dan feminin seperti berbagai jenis rok.

  1. Tren busana oversizedyang tadinya dinilai sangat nyaman, akan tergantikan oleh busana yang lebih ketat untuk kegiatan sehari-hari

Busana oversize awalnya dipilih karena lebih effortless saat memakai dan terasa sangat nyaman digunakan selama di rumah. Namun, ketika nanti pandemi usai yang diharapkan terjadi di 2022, maka orang-orang akan beralih ke busana yang lebih ketat, misalnya legging, dress bahan kaus, gaun rajut dan kemeja yang press body. Hal ini karena busana yang lebih ketat tapi tetap sopan dinilai lebih rapi untuk menghadiri pertemuan daripada busana oversize.

  1. Kaus dan jumperkebesaran yang biasanya jadi andalan saat keluar rumah selama pandemi akan diganti dengan dresssimpel yang cantik

Busana unisex seperti kaos, jumper dan celana kolor mungkin menjadi andalan bagi banyak orang selama pandemi. Meski sangat nyaman dan simpel, tapi busana seperti ini dinilai kurang estetik. Sehingga di tahun 2022 nanti orang-orang lebih memilih mengenakan dress yang simpel tapi memberikan kesan elegan dan cantik yang cocok untuk acara santai.

  1. Busana polos warna netral yang kalem akan digantikan dengan motif-motif baru dengan warna yang lebih lebih mencolok

Kaus, kemeja, dan blouse polos dengan warna netral bagi sebagian orang telah menjadi busana andalan selama 2 tahun terakhir. Para desainer ternama mengungkap bahwa hal ini sesuai dengan suasana hati masyarakat dunia selama pandemi. Maka dari itu, tren busana di 2022 diprediksi akan berganti menjadi busana bermotif dan warna-warni yang memiliki simbol harapan yang baik dan keceriaan. Hal ini juga sudah dikenalkan pada berbagai ajang pekan fesyen di berbagai negara.

  1. Sandal flatdan kaus rumahan yang telah menjadi andalan selama pandemi akan digantikan oleh dresscerah dan high heels

Lagi-lagi kenyamanan berbusana menjadi andalan selama 2 tahun terakhir akibat berbagai aktivitas yang dibatasi. Pemilihan sandal flat dengan setelan kaus menjadi andalan untuk sekadar nongkrong dan berbelanja kebutuhan. Hal ini ternyata membuat banyak orang mulai bosan dengan penampilannya sendiri. Maka di tahun 2022 tren akan berganti dengan dress cerah dan high heels untuk memberikan kesan lebih menantang dan penuh optimisme.

  1. Busana fungsional yang cocok di berbagai kegiatan akan digantikan busana yang lebih spesifik untuk kegiatan tertentu

Pada tren sebelumnya, orang lebih memilih mengenakan busana yang cocok untuk zoom meeting. Terlihat rapi, tidak terlalu formal dan tetap nyaman selama di rumah. Namun, di tahun 2022 orang akan memilih busana yang lebih spesifik untuk menegaskan profesionalitas mereka. Tren akan berganti menjadi busana santai yang hanya dikenakan saat santai, dan busana formal untuk bekerja dan acara-acara penting lainnya.

Prediksi ini sebenarnya mengandung harapan bahwa pandemi akan usai dan kondisi masyarakat dunia akan membaik  di tahun 2022. Gimana, udah siap mengganti gaya andalanmu selama di rumah aja? (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Hipwee.com