Begini Tips Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Begini Tips Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Akurasi.id Flek hitam di wajah biasanya terbentuk ketika kulit terpapar matahari secara terus-menerus dan mengakibatkan peningkatan produksi sel melanosit. Inilah yang memicu flek hitam muncul di area yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah.

Adanya flek hitam, apalagi jumlahnya banyak, tentu dapat mengganggu penampilan. Namun, tenang, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan atau menyamarkan bintik hitam tersebut.

Di bawah ini IDN Times akan membeberkan beberapa tips mengenai cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami secara aman. Simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Susu

Dilansir Healthline, susu, buttermilk, bahkan susu asam (sour milk) telah terbukti secara efektif meringankan perubahan warna atau diskolorasi kulit. Asam laktat adalah bahan yang bertanggung jawab untuk efek hebat tersebut.

Untuk menggunakan salah satu dari bahan di atas untuk mengatasi pigmentasi, kamu bisa:

  • Rendam bola kapas dalam susu
  • Gosok kapas tersebut ke bagian kulit yang gelap, lakukan secara rutin dua kali sehari
  • Ulangi setiap hari sampai hasilnya terlihat
  1. Lidah buaya

Sudah lama aloe vera atau lidah buaya diandalkan untuk penyelamat kulit yang bermasalah. Khasiat penyembuhan kulit yang dimilikinya berasal dari susunan kimiawi yang sehat, yang meliputi vitamin, enzim, mineral, asam salisilat, dan asam amino.

Sebuah penelitian yang terbit dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology tahun 2018 menemukan bahwa jus lidah buaya mengandung aloesin, yang mana ini dapat membantu menyembuhkan hiperpigmentasi yang berhubungan dengan jerawat saat diaplikasikan secara topikal atau dioleskan.

Cara penggunaannya mudah, tinggal oleskan gel lidah buaya ke kulit sebagai masker perawatan bintik-bintik hitam atau sebagai masker.

READ  Dianggap Rendahkan Orang Tua dan Pilih Kasih, Viral Aksi Baim Wong
  1. Lemon

Mengutip laman AARP, asam sitrat dan vitamin C dalam lemon menjadikannya bahan pemutih alami yang sempurna. Pertama-tama, uji kulit kamu terlebih dulu untuk melihat apakah sensitif terhadap jus lemon dengan kekuatan penuh atau tidak. Kalau jus lemon murni terlalu keras untuk kulitmu, kamu bisa mengencerkan atau melarutkannya dengan air.

Ambil satu lemon, air, dan bola kapas. Peras lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan air dalam rasio yang sama. Pakai bola kapas untuk mengoleskan campuran langsung ke area dengan flek atau bercak hitam, misalnya di wajah dan/atau tangan. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air, jangan menggunakan sabun.

Rutinlah melakukannya beberapa malam dalam seminggu untuk memberikan waktu untuk jus lemon memudarkan bintik-bintik gelap dan meratakan warna kulit.

  1. Kulit jeruk

Jangan langsung membuang kulit jeruk! Walaupun yang biasa kita konsumsi adalah buahnya, tetapi kulit jeruk juga mengandung vitamin C dan kalsium yang tinggi, lo.

Kandungan vitamin dan antioksidannya bisa membantu meremajakan kulit dan memproduksi sel-sel kulit baru sembari melawan radikal bebas. Kulit jeruk bisa mengeluarkan racun dan kotoran dari kulit dan mencerahkan area yang berpigmen gelap.

Cara menggunakannya mudah, tinggal oleskan jus dari kulit jeruk langsung ke bintik-bintik hitam penuaan. Biarkan mengering selama 20 menit dan bilas dengan air.

READ  5 Khasiat Air Beras Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut
  1. Cuka apel

Mengutip Mind Body Green, cuka sari apel adalah salah satu obat perawatan kulit rumahan yang paling populer. Khasiatnya beragam!

Pertama, sifat antibakteri dan antimikroba dari cuka sari apel membantu mencegah jerawat, sementara efek antiinflamasinya dapat membantu mengurangi risiko pembentukan jaringan parut.

Meski demikian, cuka sari apel mengandung asam malat atau malic acid, asam alfa-hidroksi (AHA) yang dapat mengelupas kulit yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang dirusak oleh pigmentasi. Digunakan sebagai perawatan noda atau toner, cuka sari apel bisa membuat kulit lebih cerah dan warnanya merata.

Sebelum menggunakan cuka sari apel, ada satu hal yang perlu diingat, kandungan AHA-nya dapat menyebabkan kulit sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, selalu encerkan dulu cuka sari apel dengan air sebelum dioleskan langsung ke kulit, ya!

  1. Ekstrak teh hijau

Studi dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery tahun 2013 menunjukkan kalau ekstrak teh hijau mungkin memiliki efek depigmentasi saat dioleskan ke kulit.

Kamu bisa membeli ekstrak teh hijau dan menggunakannya sesuai petunjuk. Ada beberapa anjuran untuk mengoleskan kantung teh hijau ke flek hitam untuk mencerahkan kulit, tetapi belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Kalau kamu ingin mencoba cara ini, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Rendam kantung teh hijau dalam air matang selama 3-5 menit.
  • Keluarkan kantung teh dari air dan biarkan dingin.
  • Gosok lembut kantung teh di atas noda hitam.
  • Ulangi dua kali sehari sampai hasilnya terlihat.
READ  Sering Lag Saat Bermain Game di Smartphone? Berikut Tipsnya
  1. Madu murni

Sudah digunakan dalam pengobatan dan kosmetik selama ribuan tahun, madu punya banyak kualitas yang baik bagi kesehatan kulit. Madu adalah agen antibakteri alami, kaya akan antioksidan, dan dipercaya dapat memperlambat penuaan.

Madu terbaik adalah yang mengandung lebih dari 80 persen gula. Ini akan bertindak sebagai eksfoliator untuk menghilangkan kulit berpigmen, serta membantu mendukung pertumbuhan sel-sel kulit baru yang sehat.

Untuk hasil terbaik, gunakan madu mentah atau organik. Madu mentah mengandung semua nutrisi yang bermanfaat bagi kulit.

Cara menggunakannya tidak sulit, cukup bilas wajah dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian oleskan madu dengan ujung jari secara merata ke seluruh permukaan wajah. Kamu juga bisa menggosokkannya ke kulit dengan lembut dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Madu sangat ringan sehingga bisa kamu gunakan setiap hari atau sampai hasilnya terlihat.

  1. Kentang

Pati dan gula dalam kentang dapat memberikan keajaiban pada kulit karena kemampuan eksfoliasinya untuk menghilangkan kulit mati dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru. Vitamin dan mineral kentang, termasuk vitamin B6, potasium, zink, vitamin C, dan fosfor, semuanya bekerja untuk meremajakan kolagen di kulit.

Untuk memanfaatkan kentang dalam mengatasi bintik-bintik hitam, cukup iris tipis kentang. Ambil irisan dan oleskan sedikit air untuk melembapkan, lalu letakkan di kulit tepat di atas bintik-bintik penuaan, dan biarkan selama 10 menit.

Karena sifatnya yang juga ringan, kamu bisa menggunakan cara ini setiap hari. Untuk hasil maksimal, lakukanlah pada malam hari untuk memberi vitamin dan mineral waktu untuk bekerja lebih efektif pada warna kulit.

Itu dia berbagai cara menghilangkan flek hitam secara alami di wajah yang aman dan dapat dengan mudah kamu lakukan di rumah untuk membantu menghilangkan flek hitam. Cara mana saja yang akan kamu coba? (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.