9 Nutrisi Bikin Kulit Lebih Glowing

9 Nutrisi Bikin Kulit Lebih Glowing

Akurasi.id – Tahukah kamu jika ada aneka nutrisi yang bikin kulit lebih glowing? Penasaran? Simak daftarnya yang dikutip dari buku “Cantik, Langsing Berkat Super Food” oleh Majalah Fit berikut ini!

  1. Vitamin A dan karotenoid untuk tekstur kulit yang lembut

Vitamin A atau retinol dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembelahan sel baru sekaligus menggugurkan sel yang sudah tua. Menumpuknya sel kulit tua akan membuat kulit menebal dan kasar.

Umumnya, vitamin A ditemukan pada produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Namun, ada beberapa jenis karoteneid yang bersumber dari buah dan sayuran yang bisa diubah jadi vitamin A oleh tubuh.

Contohnya, beta karoten. Zat ini ini memberi warna jingga pada wortel dan blewah. Jadi, baik pencinta daging atau vegan, sama-sama punya kesempatan mendapatkan kulit lembut.

  1. Asam lemak omega-3 dan antioksidan yang berfaedah untuk mencegah kerutan

Peradangan merusak kolagen kulit sehingga dapat menimbulkan kerutan. Ikan salmon dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki sirkulasi darah.

Konsumsi omega-3 juga membantu menghambat efek buruk omega-6 yang ada dalam daging merah dan makanan olahan. Antioksidan yang ada dalam apel, wortel, dan teh bisa menghancurkan radikal bebas penyebab kerutan.

Sementara itu, bawang putih bisa memperbaiki jaringan kulit hingga mencegah kerutan. Hasilnya, kulit tampak cerah, sehat, dan minim kerutan.

READ  Mengenal Istilah Genderless Fashion dan Androgynous Fashion
  1. Beta karoten untuk kulit mulus

Beta karoten adalah antioksidan yang akan berubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ia juga mengaktifkan DNA yang bertugas menghasilkan sel-sel kulit baru dan melepas sel kulit yang sudah tua. Bikin kulit lebih glowing.

Beta karoten juga menghancurkan radikal bebas yang bisa menyebabkan mutasi DNA sehingga menimbulkan kerut. Dalam hal ini, cuka apel bermanfaat karena enzimnya bisa melepaskan sel kulit mati.

Dengan demikian, sel kulit baru akan menjaga permukaan kulit agar tetap lembut, segar, dan tahan terhadap kerusakan. Selain cuka apel, kamu bisa meraih manfaat beta karoten dari jeruk, wortel, dan tomat.

  1. Vitamin C dan flavonoid agar kulit kenyal

Stroberi dan brokoli mengandung vitamin C yang akan mengaktifkan sel-sel fibroblas. Sel ini bertugas menghasilkan kolagen, yaitu lapisan padat di bawah permukaan kulit. Struktur kolagen yang sehat akan membuat kulit tetap lembut.

Di dalam almon, terkandung lemak tak jenuh tunggal yang akan menjaga struktur lipid (lemak) kulit sehingga kulit terjaga kekenyalannya. Lalu, cokelat, teh hijau, anggur, red wine, dan cranberry juga mengandung flavonoid.

Flavonoid punya banyak fungsi, seperti menahan kolagen, mencegah kanker, hingga meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Superantioksidan tersebut akan membuat nutrisi lain mendapatkan apa yang dibutuhkan demi menjalankan tugasnya.

READ  Rekomendasi Emulator PS2 Android, Seru dan Praktis
  1. Asam lemak esensial supaya kulit cukup cairan

Tiap sel tubuh memiliki membran luar yang bertindak sebagai penjaga pintu gerbang, lantas mempersilakan nutrisi masuk ke dalam sel, dan membuang “sampah” hasil metabolisme. Membran ini terbuat dari lemak.

Untuk membentuk sel yang sehat, diperlukan asam lemak esensial yang cukup. Asam lemak esensial ini terdapat di salmon, tuna, sarden, minyak sayur, minyak zaitun, kerang, minyak kedelai, biji blewah, dan kenari.

Asam lemak esensial juga dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Bahkan, jenis asam lemak ini mampu mencegah beberapa jenis kanker.

  1. Vitamin C dan vitamin E untuk kulit cerah dan bercahaya

Apel, jeruk, dan whole grains cereal merupakan sumber vitamin C dan vitamin E. Vitamin C berfungsi untuk membentuk kolagen agar kulit tetap kencang dan kenyal. Vitamin E melindungi membran sel.

Jika bersatu, kedua nutrisi ini akan bekerja maksimal dan dapat mencegah terjadinya peradangan serta mengurangi kemerahan pada kulit. Bila peradangan mereda, justru rona merah segar dari kulit yang timbul.

READ  Tips Maksimalkan Pore Pack, Komedo Mudah Terangkat
  1. Air untuk menghilangkan noda bekas jerawat

Apa pun yang kita lakukan, akan melemahkan sel cairan yang berfungsi membuang racun. Karenanya, dianjurkan minum air yang cukup untuk menggantikan cairan yang dikeluarkan seharian.

Air akan membantu tubuh untuk mengeluarkan kotoran yang memicu jerawat. Minum banyak air, terutama air mineral, dapat melembapkan lapisan permukaan kulit serta mengubahnya jadi bercahaya.

Selain dari air mineral, rupanya sayur dan buah kaya air juga bisa jadi alternatif. Sebut saja semangka, jeruk, melon, labu siam, sawi putih, hingga mentimun.

  1. Selenium agar awet muda

Selenium berfaedah karena membantu proses pertumbuhan tubuh dan sintesis protein. Ia juga bertugas meningkatkan efektivitas vitamin E dan berperan sebagai antioksidan demi melindungi sel tubuh dari radikal bebas penyebab penuaan dini.

Dalam E-JURNAL MEDIKA, VOL. 8 NO.5, MEI, 2019 berjudul “Defisiensi Selenium (SE) Sebagai Faktor Risiko Dilated Cardiomyopathy (DCM) di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Bali” oleh Luh Nyoman Ananda Mahayati dan I Wayan Wita, selenium disebut sebagai komponen nutrisi yang memiliki peran yang penting dalam regulasi oksidatif tubuh. Selenium merupakan trace elements yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi dan keberadaannya sangat vital bila kita ingin hidup sehat.

Di samping itu, selenium mengandung zat anti pemicu kanker. Asupan 200 mg suplemen selenium setiap hari mampu menurunkan tingkat kematian akibat kanker, lho!

READ  5 Rutinitas Kecantikan Tak Bermanfaat dan Buang Waktu
  1. Polifenol untuk kulit terlindungi

Dark chocolate dan teh hijau mengandung antioksidan yang disebut polifenol. Konsumsi polifenol secara teratur bisa menjaga kadar air di kulit agar tetap cukup.

Bahkan, nutrisi ini mengurangi efek sunburn juga, lho! Para peneliti menduga, polifenol mampu meningkatkan aliran darah ke kulit.

Nah, selain merawat kulitmu dengan aneka skincare dan perawatan klinik, jangan lupa terapkan gaya hidup sehat, ya! Salah satunya bisa dengan konsumsi nutrisi-nutrisi di atas. Selamat mencoba! Bikin kulit lebih glowing! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *