Tips Agar Rambut Lembut dan Mudah Diatur

Tips Agar Rambut Lembut dan Mudah Diatur

Akurasi.id – Rambut lembut dan mudah diatur merupakan impian banyak orang. Banyak orang yang beruntung mendapatkan rambut yang lembut, mudah diatur, dan indah secara alami. Namun, seiring waktu, baik karena penuaan, kebiasaan gaya hidup, atau teknik perawatan rambut yang buruk, bisa menyebabkan rambut rusak, kering, mengembang, dan kaku.

Namun, ini bukan berarti kamu tidak bisa memperbaiki keadaan rambut. Melembutkan rambut yang rusak dapat dilakukan dengan perawatan rumahan. Yang kamu butuhkan hanyalah kombinasi dari kebiasaan perawatan rambut yang sehat dan penggunaan bahan-bahan tertentu.

Berikut adalah solusi dan langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuat rambut jadi lebih lembut dan mudah diatur, dilansir dari laman idntimes.com, Rabu (15/09/2021).

  1. Terapkan strategi khusus saat keramas

Jika kamu memiliki kulit kepala berminyak dengan rambut yang semakin kering ke ujungnya, kamu tetap perlu keramas secara teratur. Sebagai solusi untuk mengatasi sifat kering dan sekaligus berminyak, kamu perlu menerapkan strategi khusus dalam mencuci rambut.

Saat keramas, fokuskan pada kulit kepala dan kemudian aplikasikan kondisioner pada tengah hingga ujung rambut. Ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih di kulit kepala dan bagian atas rambut sekaligus melembutkan helai rambut.

  1. Gunakan masker rambut mingguan

Mengaplikasikan minyak nabati bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan kelembapan yang sangat dibutuhkan pada rambut kering dan membuat rambut jadi lebih lembut dan mudah diatur. Jika kamu tidak suka membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami, kamu bisa menggunakan masker rambut siap pakai yang banyak dijual di pasaran.

Masker rambut sebaiknya digunakan setiap minggu dan berguna untuk membantu rambut menarik kelembapan dengan lebih efektif untuk mendapatkan rambut yang lebih lembut dari waktu ke waktu. Oleskan pada rambut yang lembap (tidak basah) setelah keramas, diamkan dulu selama lima menit sebelum dibilas dengan air dingin.

READ  Tutorial Makeup 2021 ala Bu Wagub Arumi Bachsin
  1. Hindari alat penata rambut dengan panas

Alat yang menggunakan panas, seperti pelurus, pengeriting, dan pengering rambut mungkin merupakan solusi terbaik untuk penataan rambut instan. Tetapi, penggunaan secara teratur dari alat penata rambut panas sangat berbahaya bagi kesehatan rambut sendiri. Panas dari alat-alat ini dapat merusak rambut, membuatnya menjadi kasar dan kusut serta menghilangkan kilau alaminya.

Sebisa mungkin, hanya gunakan alat tersebut jika memang benar-benar mendesak. Juga, ingatlah untuk menggunakan semprotan atau serum pelindung panas. Ini akan membantu mengurangi kerusakan akibat panas dengan membentuk perisai yang melindungi rambut.

  1. Masker pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan karbohidrat, vitamin, minyak alami, dan kalium. Ini memiliki potensi antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, menurut studi dalam Indian Journal of Experimental Biology.

Menggunakan pisang untuk merawat rambut akan membuat rambut terasa bergizi dan lembap. Penggunaan pisang secara teratur dapat mengurangi kusut dan menenangkan kulit kepala yang teriritasi. Manfaat pisang dapat ditingkatkan dengan menambahkan yogurt ke dalamnya, yang juga merupakan pelembap rambut yang sangat baik.

READ  Penggemar Gradient Lips! Perhatikan 5 Aturan Ini ya

Cara penggunaannya:

  • Lembutkan satu buah pisang matang dan tambahkan dua sendok teh yogurt,
  • Campur rata dan haluskan untuk mendapatkan pasta yang halus sehingga tidak ada potongan pisang yang tersisa,
  • Oleskan pasta ke seluruh rambut,
  • Biarkan masker selama 45 menit lalu bersihkan dengan sampo.
  1. Tanah liat bentonit

Tanah liat bentonit adalah zat turunan vulkanik yang sudah digunakan secara tradisional untuk kecantikan maupun kesehatan. Bentonit biasanya digunakan untuk masalah kulit, seperti kekeringan, eksim, dan gigitan serangga.

Penelitian dalam Iranian Journal of Public Health menunjukkan kemungkinan efek tanah liat bentonit untuk rambut. Tanah liat bentonit dipercaya dapat membantu membersihkan rambut sekaligus menyeimbangkan tingkat kelembapan. Bahkan dapat membantu mengatasi ketombe.

Untuk menggunakan tanah liat bentonit untuk rambut:

  • Siapkan tanah liat bentonit secukupnya;
  • Tambahkan cuka apel atau air dengan perbandingan satu banding satu untuk membentuk pasta kental;
  • Aplikasikan pada seluruh rambut sebagai masker, diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

Karena menggunakan bahan-bahan alami, perawatan di atas mungkin membutuhkan waktu dan eksperimen untuk membantu melembutkan rambut seiring waktu. Sebisa mungkin hindari perawatan kimia karena hasilnya mungkin tidak permanen dan berisiko menyebabkan berbagai efek samping. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *