8 Tips Agar Makeup Tahan Lama di Cuaca Panas

8 Tips Agar Makeup Tahan Lama di Cuaca Panas

Akurasi.id – Ketika hari mulai panas, hal yang dikhawatirkan para cewek adalah kalau makeup mulai luntur! Apalagi hari masih panjang dan tak mungkin mengulang makeup secara keseluruhan. Nah, 8 tips agar make up tahan lama ini bisa membantu kamu mencegah makeup luntur dan tahan sepanjang hari! Yuk, simak ulasannya!

  1. Langkah pertama, gunakan es batu!

Eits, tidak untuk diminum ya! Es batu dapat mengecilkan pori-pori wajah yang tentunya akan mengurangi produksi minyak dan keringat berlebih di cuaca panas. Oleskan es batu pada wajah yang bersih secara menyeluruh, diamkan sejenak, dan keringkan dengan handuk. Lalu, kamu bisa memulai langkah makeup mu selanjutnya!

  1. Jangan lupa gunakan primer

Primer sering terlupakan saat sedang menggunakan makeup. Padahal, primer bisa membuat makeupmu tahan lama, lho! Gunakan primer terutama pada bagian wajah yang mudah berminyak, contohnya pada t-zone.

Gak hanya t-zone, bagian kelopak mata pun membutuhkan primer, lho! Menggunakan primer pada kelopak mata akan menjaga warna eye shadowmu tetap cantik dan pada tempatnya.

  1. Concelaer, foundation, atau keduanya?

Jika kamu akan menjalani hari dengan banyak aktivitas dan cuacanya panas, kamu bisa mencoba menggunakan concealer saja tanpa foundation. Jika biasanya concealer digunakan setelah foundation, kali ini kamu bisa menggunakan concealer langsung setelah primer.

Strukturnya yang lebih pekat takkan mudah luntur seperti foundation. Oleskan concealer pada bagian-bagian wajah membutuhkannya saja seperti bagian bawah mata, dagu, bekas-bekas jerawat atau bagian wajah lainnya. Jika kamu tetap ingin menggunakan foundation, kamu bisa memilih foundation yang ringan.

  1. Matte atau dewy?

Tampilan makeup matte ternyata lebih tahan lama dibandingkan tampilan dewy, lho! Sebagian orang lebih suka jika wajah mereka tampak dewy dan glowing. Tetapi, produk makeup berbahan dasar matte akan lebih tahan lama jika digunakan.

Selain itu, jika memilih tampilan dewy dan banyak mengaplikasikan produk yang membuat wajah tampak  glowing, wajah malah akan terlihat seperti berkeringat di cuaca yang panas. Walaupun sebenarnya, wajah memang berkeringat!

READ  Tips Mudah Cegah Komedo di Wajah Datang Lagi
  1. Selalu sedia kertas minyak ke manapun kamu pergi

Jika wajah sudah mulai berminyak dan berkeringat, jangan langsung menutupinya dengan bedak tabur. Namun, tempelkan kertas minyak untuk menyerap minyak terutama pada bagian t-zone dan bawah mata. Jika kamu langsung menutupinya dengan bedak tabur, tampilannya akan terkesan cakey. 

  1. Cobalah menggunakan produk makeup waterproof

Saat cuaca panas, produksi minyak dan keringat pasti meningkat. Agar tidak luntur dan hilang, cobalah produk-produk waterproof agar makeup tetap tahan lama. Mulai dari base makeup, primer hingga foundation pilih yang tahan lama.

  1. Pilih eye shadow bertekstur krim

Eye shadow bubuk akan lebih mudah luntur dan hilang di cuaca panas. Namun, eye shadow bertekstur krim akan lebih menempel pada kulit. Sebelum mengaplikasikan eye shadow jangan lupa sapukan primer pada kelopak mata agar lebih awet.

  1. Setelah selesai, gunakan translucent powder untuk sentuhan akhir!

Setelah seluruh langkah makeup selesai, taburkan translucent powder pada bagian yang mudah berminyak seperti t -one. Hal ini dapat menjaga tampilan tetap matte dan bebas minyak!

Untuk makeup  tahan lama dan lebih lama lagi sebagai tambahan kamu bisa menyemprotkan setting spray ke seluruh wajah. Sekarang gak perlu khawatir makeup mudah luntur lagi, deh! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *