6 Manfaat Garam bagi Kecantikan

6 Manfaat Garam bagi Kecantikan

Akurasi.id – Garam adalah bahan makanan yang sudah pasti ada di setiap dapur yang berfungsi untuk menambah cita rasa masakan dan pertolongan pertama untuk mengatasi diare. Tapi selain itu, ada pula manfaat garam bagi kecantikan. Buktinya, sejumlah produk perawatan tubuh menggunakan garam sebagai bahan utama untuk mengatasi problem tertentu.

Hal ini tak mengherankan sebenarnya, sebab secara alami garam mengandung sejumlah mineral, seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang dapat membantu mengurangi peradangan, mencerahkan, bahkan memperkuat kulit. Lantas kira-kira apa saja manfaat garam bagi kecantikan? Berikut beberapa di antaranya. Dilansir dari idntimes.com, Jumat (17/09/2021).

  1. Menenangkan kulit

Garam dan madu memiliki sifat anti-inflamasi untuk menenangkan kulit dan mengurangi jerawat serta iritasi. Kedua bahan ini juga membantu mempertahankan hidrasi di lapisan kulit. Untuk memperoleh manfaat ini, campurkan dua sendok teh garam laut yang sudah ditumbuk halus dengan empat sendok teh madu mentah sampai terbentuk pasta. Oleskan secara merata pada kulit yang bersih dan kering, hindari daerah mata.

Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Sebelum dibilas, rendam handuk dalam air hangat dan peras dengan lembut. Letakkan waslap hangat di wajah selama 30 detik. Setelah itu, gunakan jari untuk mengelupas butiran scrub dengan lembut dalam gerakan memutar sambil membilas kulit dengan air hangat.

  1. Membersihkan tubuh dari kotoran sekaligus relaksasi

Garam menyerap kotoran dan racun serta membersihkan pori-pori kulit secara mendalam. Kandungan mineral garam membantu memulihkan lapisan pelindung kulit dan membantu menahan hidrasi. Tambahkan sepertiga cangkir garam epsom ke bak berisi air hangat kemudian aduk-aduk dengan tangan untuk meratakan dan melarutkan garam. Setelah itu, kamu bisa berendam selama 15 hingga 30 menit.

  1. Mengatasi ketombe di kulit kepala

Garam membantu melepaskan dan menghilangkan serpihan ketombe sambil merangsang sirkulasi yang membuat kulit kepala lebih sehat. Garam juga menyerap minyak dan kelembapan berlebih untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat akar ketombe.

Untuk menghilangkan ketombe, taburkan satu hingga dua sendok teh garam ke kulit kepala. Dengan menggunakan jari yang sudah dibasahi, pijat kulit kepala dengan lembut dan menyeluruh selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, aplikasikan sampo dan keramas seperti biasanya hingga bersih. Hasilnya akan langsung terlihat sejak pertama kali pemakaian.

READ  Mata Bayi Melihat Atas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
  1. Memutihkan gigi

Garam dan soda kue adalah bahan yang bersifat abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda dan mencerahkan gigi. Garam juga mengandung fluoride alami, yang merupakan bahan yang bagus untuk merawat gigi dan gusi.

Campurkan satu sendok teh garam dan dua sendok teh baking powder. Celupkan sikat gigi basah ke dalam campuran, dan sikatlah gigi seperti biasa. Kamu juga bisa mengoleskan pasta gigi pada sikat sebelum mencelupkannya ke dalam campuran.

  1. Mengangkat sel kulit mati

Garam adalah eksfoliator alami yang dapat membantu mengelupas kulit mati. Garam juga mengandung mineral untuk melembutkan kulit dan mengembalikan hidrasi. Untuk mengangkat sel kulit mati menggunakan garam, campurkan seperempat cangkir garam dan setengah cangkir minyak zaitun atau minyak kelapa. Balurkan di tubuh dan gosok menggunakan jari tangan secara lembut dengan gerakan melingkar. Perlu diingat, butiran garam bisa bersifat abrasif jika kamu menggosok dengan kasar atau terlalu ditekan. Jadi, pastikan kamu menggosok dengan lembut agar tidak melukai kulit.

  1. Mencerahkan kuku

Garam dapat melembutkan kutikula dan kulit serta memperkuat kuku. Sedangkan soda kue dan lemon berfungsi mengurangi kekuningan dan noda yang dapat membuat kuku tampak lebih cerah dan sehat. Campurkan satu sendok teh garam, satu sendok teh soda kue, satu sendok teh jus lemon, dan setengah cangkir air hangat dalam mangkuk kecil. Rendam kuku dalam larutan selama 10 menit, lalu gosok dengan sikat lembut. Bilas tangan sampai bersih dan pastikan tidak ada lemon yang tersisa. Sebab, sisa lemon dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif dan mudah teriritasi jika terpapar sinar matahari. Terakhir, jangan lupa menggunakan lotion untuk melembabkan kuku dan kulit tangan.

Demikian tadi beberapa manfaat garam bagi kecantikan. Gimana? Tertarik menggunakan garam untuk merawat tubuh? (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *