5 Kebiasaan Sepele Mempengaruhi Kesehatan Kulit!

5 Kebiasaan Sepele Mempengaruhi Kesehatan Kulit!

Akurasi.id – Sebagai organ terluar, kulit sangat rentan untuk terpapar kotoran atau bakteri. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit, terutama dari faktor lingkungan dan kebiasaan. Memiliki kulit yang tidak sehat tentunya akan berdampak pada menurunnya rasa percaya diri yang kita miliki. Karenanya kamu perlu tahu apa saja penyebab sepele yang mempengaruhi kesehatan kulit.

Terkadang kita abai dengan kebiasaan sepele yang kita lakukan setiap hari. Bukan mendapatkan hasil maksimal, nyatanya beberapa kegiatan berikut dapat mempengaruhi kesehatan kulit, yang tentunya berdampak pada kecantikan kalian. Nah, berikut adalah 5 kebiasaan yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit kalian!

  1. Tidak mencuci wajah sebelum tidur

Yang tidak boleh terlewatkan sebelum tidur adalah membersihkan wajah. Meski terlihat bersih, nyatanya dalam wajah terdapat partikel-partikel debu, kotoran, minyak, polusi dan sisa makeup.

Kotoran, minyak, dan polusi yang tidak dibersihkan akan menumpuk yang tentunya bisa meyebabkan peradangan dan jerawat. Minimalnya, jika kalian malas untuk mencuci muka, bersihkan wajah dengan cleanser sebelum tidur ya!

  1. Tidak menggunakan sunscreen

Bagi kalian yang berktivitas di luar, wajib untuk menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Paparan sinar matahari akibat sinar UV dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Bukan hanya saat cuaca panas saja, kalian juga tetap harus menggunakan sunscreen meski cuaca dingin.

Hal ini dikarenakan sinar UV tetap bisa membakar kulit kalian meskipun matahari tertutup dengan mendung. Gunakan minimal sunscreen dengan SPF 30. Sunscreen ber-SPF minimal 30 dapat menghalangi 97% sinar UVB yang menjadi penyebab kulit gosong dan terbakar.

  1. Menggunakan spons bedak kotor

Sering kali kita lupa untuk membersihkan alat-alat makeup yang kita gunakan. Seperti spons bedak atau beauty blender. Nyatanya, jika sering tidak dibersihkan bakteri akan menumpuk pada spons.

Tentunya, jika dibiarkan hal ini bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Untuk menghindarinya, minimalnya kalian harus membersihkan spons seminggu sekali dengan cara dicuci atau diteteskan alkohol.

READ  7 Perawatan Kulit ala Seleb Korea Selatan, Simpel Tapi Efektif
  1. Memencet jerawat

Banyak dari kalian yang berpendapat bahwa memencet jerawat dapat menghilangkan nanah dan mengurangi kemerahan, sehingga jerawat dapat sembuh dengan lebih baik dan cepat. Nyatanya, itu merupakan pemikiran yang salah. Memencet jerawat dengan tangan dapat memicu terbentuknya jaringan parut dan dapat menimbulkan infeksi.

Selain itu, ketika kalian mengempiskan jerawat dengan cara memencetnya, kalian membuka gerbang utama bagi kotoran, udara, dan bakteri untuk masuk ke dalam kulit. Dan tentunya, jerawat yang ditekan akan meninggalkan bekas jerawat. Jadi, hentikan kebiasaan yang satu ini ya!

  1. Exfoliasi berlebihan

Perawatan untuk menjaga pori-pori kulit adalah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati yang terdapat pada lapisan teratas kulit. Jika tidak dilakukan eksfoliasi, kulit akan terlihat kusam dan mudah kering.

READ  Kunci Teknik Strobing, Sempurnakan Dimensi Wajah Tanpa Contour

Meski, eksfoliasi sangat penting, melakukan eksfoliasi terlalu sering akan membahayakan kesehatan kulit wajah kita. Bukannya mendapatkan kulit terlihat cerah dan sehat, yang ada kalian akan mengalami masalah kulit seperti produksi minyak berlebih, iritasi, jerawat dan juga wajah mengkilap.

Nah itulah 5 kebiasaan yang dapat merusak kesehatan dan kecantikan kalian. Yuk hentikan kebiasaan-kebiasaan di atas supaya kulit kalian sehat dan terawat. Investasi jangka panjang, lho! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *