Mau Tahu Rahasia Menyamarkan Pori-pori Wajah? Begini Caranya!

Mau Tahu Rahasia Menyamarkan Pori-pori Wajah? Begini Caranya!

Akurasi.id – Permasalahan pori-pori wajah ada beragam, seperti pori-pori tersumbat yang akan memudahkan kulit memproduksi banyak komedo bahkan juga dapat merangsang timbulnya jerawat baru. Tidak hanya sebatas itu saja, pori-pori yang besar akan mengurangi tampilan mulus pada kulitmu saat menggunakan makeup. Yuk, langsung saja kita simak tips rahasia untuk mengecilkan pori-pori wajah!

  1. Gunakan facial wash bentuk gel

Orang yang memiliki kondisi kulit yang cenderung kering atau kombinasi sebaiknya menggunakan facial wash berbentuk gel. Manfaatnya, kombinasi gel tidak menyumbat pori-pori wajah dan tidak sampai mengangkat seluruh minyak baik pada wajah.

Tentunya kamu juga harus memilih komposisi bahan yang mengandung ekstrak lidah buaya. Kim Chang seorang ahli kecantikan dari Baylor Aesthetics Studio mengatakan bahwa tanaman lidah buaya mengandung banyak antiinflamasi, vitamin C, dan antioksidan yang berguna sebagai pelembap yang diperlukan kulit kering agar wajah tetap terhidrasi seharian.

READ  5 Manfaat Belerang bagi Kecantikan, Bagus Obati Jerawat
  1. Pakai toner nonalkohol

Setelah mencuci muka, gunakanlah toner untuk mengembalikan pH wajah. Toner berguna untuk mengurangi residu dari facial wash maupun masker organik yang kamu pakai. Sebaiknya pilih toner yang tidak mengandung kandungan alkohol. Karena tidak semua produk kecantikan yang mengandung alkohol dapat sesuai dengan jenis kulit wajahmu termasuk juga pada toner.

Berdasarkan komposisi dan fungsi, toner memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu hydrating toner (toner pelembap) dan exfoliating toner (toner eksfoliasi).

Untuk kulit yang berpori-pori besar, baiknya memakai hydrating tonerToner ini memiliki kandungan pelembap yang mampu memberikan kelembapan dengan mengunci air dalam sel-sel kulit sebab kandungan yang berasal dari hyaluronic acid, gel lidah buaya, dan vitamin E.

  1. Gunakan sunscreen minimal SPF 30

Untuk kamu yang sering beraktivitas di luar rumah, alangkah baiknya untuk sedia sunscreen setiap saat. Produk satu ini berguna sebagai proteksi dari sinar buruk ultraviolet matahari.

Dilansir Healthlinesunscreen yang memiliki tekstur ringan dapat dengan mudah menyerap ke pori-pori sehingga ini cocok untuk orang yang memiliki pori-pori besar. Apalagi, formulanya lebih ringan dan tidak meninggalkan white cast yang membuat tampilan wajah terlihat abu-abu. Sehingga, kulitmu akan senantiasa terlindungi dari sinar matahari secara langsung. Kabar baiknya lagi, sunscreen juga dapat membuat wajahmu tidak gampang keriput.

READ  Minta Dijemput Polisi, Medina Zein: Vellfire Aja, Jangan Mobil Tahanan
  1. Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit membantu meminimalkan pembesaran pada pori-pori wajah. Eksfoliasi bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah. Namun, perhatikan terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan eksfoliasi yang benar. Scrub tidak untuk digunakan setiap saat. Cukup satu sampai dua kali dalam satu minggu. Setelah selesai bisa langsung menggunakan pelembap untuk mengunci kelembapan kulit.

  1. Pakai pelembap sebelum makeup

Produk pelembap selain dapat digunakan sebagai urutan skincare juga digunakan sebagai base makeup untuk menyamarkan pori-pori wajah. Pelembap pada umumnya memiliki berbagai komposisi yang ditujukan untuk menghidrasi dan membuat kulit wajah agar tidak kering. Salah satu di antara manfaat pelembap dengan kandungan ceramide mampu memperbaiki skin barrier  kulit wajah.

Kita tahu bahwa, skin barrier adalah bagian paling luar dari kulit yang berfungsi untuk proteksi menyeluruh sampai ke bagian dalam. Jika lapisan tersebut rusak maka itu juga akan berpengaruh terhadap pori-pori.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat kamu juga harus mengonsumsi makanan gizi seimbang dan tak lupa ditambah dengan olahraga teratur. Apalagi pandemi saat ini mengharuskan kita tetap stay di rumah aja, kamu bisa mencoba untuk hidup lebih sehat dan merawat diri terutama untuk kesehatan kulitmu tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Ikuti tips mengecilkan pori-pori wajah di atas dan bila diperlukan bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kulit, ya. (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.