Manfaat Jogging untuk Kesehatan

Jogging merupakan salah satu olahraga aerobik yang banyak digemari. Selain itu, manfaat jogging untuk kesehatan ada banyak, olahraga ini mengkombinasikan antara jalan santai dengan lari pada kecepatan 14 kilometer per jam. Olahraga ini terbilang mudah dan murah, jadi tidak membutuhkan pengeluaran yang banyak seperti gym.

orbitmetro.com

Berbagai Manfaat Jogging untuk Kesehatan

Pagi hari merupakan saat yang paling tepat melakukan jogging. Sebab, pada saat itu tubuh masih mendapatkan kualitas oksigen terbaik untuk pernafasan. Anda juga bisa membiasakan jogging secara perlahan dengan frekuensi tetap.

Dengan demikian, anda akan merasakan manfaat jogging untuk kesehatan. Sehingga kebugaran tubuh terus meningkat, mencegah resiko penyakit kronis dan mempengaruhi kualitas tidur.  Hal ini karena udara pagi masih segar dan terbebas dari polusi.

Menurunkan Berat Badan

Bila anda melakukan jogging setiap hari, maka dapat mencegah obesitas. Karena lemak dapat terbakar sekitar 300 kalori bila anda melakukannya selama 30 menit. Berat badan ideal dapat anda pertahankan dengan jogging secara rutin.

Olahraga rutin tiap pagi dapat menurunkan nafsu makan. Sehingga memberikan manfaat mencegah makan secara berlebihan.

Meningkatkan Energi dan Kekebalan Tubuh

Jogging membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu mengangkat semangat dan meningkatkan stamina. Karena anda akan merasa lebih segar dan fresh setelah jogging. Kemudian jogging juga mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat membangun kekebalan tubuh.

Mencegah Stres 

Latihan aerobik seperti jogging dapat melindungi otak dari masalah stres dan penuaan. Selain itu, jogging dapat menurunkan kadar kortisol yang merupakan hormon sebagai respons terhadap stres.

Menguatkan Tulang

Kesehatan tulang akan lebih meningkat berkat jogging. Dengan begitu tulang akan lebih kuat, mencegah trauma dan cedera tulang. Selain itu jogging juga bisa menangkal masalah seperti osteoarthritis, osteoporosis dan rheumatoid arthritis.

READ  Mau Tau Cara Tingkatkan Kadar Oksigen dalam Darah?

Baik untuk Jantung dan Sistem Pernafasan

Jogging sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Karena darah yang dipompa ke jantung tekanannya tetap stabil dan kadar glukosa darah serta kolesterol juga lebih terkendali.

Selain itu, manfaat jogging untuk kesehatan juga berpengaruh pada penguatan otot pada sistem pernafasan. Sehingga dapat dipastikan jika paru-paru akan mengambil lebih banyak oksigen dan menghilangkan karbon dioksida.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *