Ini Loh Penyebabnya Anak Masih Sering Buang Air di Celana

Ini Loh Penyebabnya Anak Masih Sering Buang Air di Celana

Akurasi.idAnak-anak yang masih berusia kecil biasanya terbiasa menggunakan diaper sebagai antisipasi bila ingin buang air besar atau pun buang air kecil. Seiring bertambahnya usia, anak-anak akan mulai diajarkan mengenai toilet training dan mulai tidak menggunakan diaper lagi.

Hal semacam ini ternyata tidak selalu bisa terjadi pada semua anak. Justru ada pula beberapa anak yang masih kesulitan untuk buang air di toilet sehingga jadi cenderung mudah mengompol atau mudah buang air di celana. Alasan anak masih melakukan hal demikian biasanya disebabkan karena beberapa penyebab yang berikut ini.

  1. Anak belum bisa mengungkapkan rasa ingin buang air

Kemampuan yang dimiliki setiap anak berbeda-beda, termasuk juga dengan cara mereka dalam berkomunikasi. Tidak semua anak langsung mampu berkomunikasi secara mudah dan dapat dipahami oleh orangtua.

Ada pula anak yang cenderung belum bisa mengungkapkan pada orangtua bahwa mereka ingin buang air. Hal ini jadi tidak dapat dipahami orangtua dan membuat anak jadi mudah buang air di celana begitu saja.

  1. Anak belum diajarkan toilet training secara tepat

Toilet training merupakan cara mengajarkan anak dalam menggunakan toilet secara bertahap. Tujuan dari penerapan toilet training adalah untuk membiasakan anak agar dapat lepas dari penggunaan diaper.

Proses transisi dari pampers menuju penggunaan toilet yang tepat terkadang tidak selalu berjalan baik. Anak-anak yang tidak memperoleh toilet training secara tepat jadi lebih mudah buang air di celana.

READ  Tips Parenting untuk Anak Usia di Bawah Lima Tahun
  1. Anak malas untuk buang air di toilet

Karakter yang dimiliki anak memang berbeda-beda sehingga tidak semua anak dapat diatur dengan mudah oleh orangtua. Ada pula anak yang justru terkesan malas dalam bergerak.

Tipe anak yang malas justru bisa membuat mereka mudah untuk BAB atau BAK di celana. Hal ini disebabkan mereka cenderung malas untuk buang air di toilet.

  1. Bentuk mencari perhatian

Anak-anak berada pada usia yang masih ingin dipenuhi oleh beragam hal yang menarik perhatiannya. Hal ini membuat mereka cenderung ingin selalu diberikan perhatian dan kasih sayang yang maksimal.

Tidak hanya itu, anak-anak juga sering mencari perhatian pada orang-orang di sekitar termasuk orangtuanya. Salah satu cara mereka dalam mencari perhatian adalah dengan BAB atau BAK di celana sehingga orangtua jadi dapat memperhatikan mereka kembali.

READ  Dalang Setan Ki Manteb Sudarsono Meninggal, Mayangsari Ungkapkan Dukacita Berbalut Rasa Bangga
  1. Permasalahan kesehatan yang membuat anak sulit menahan rasa ingin buang air

Anak yang masih sering BAB atau BAK di celana tidak hanya disebabkan alasan psikologis semata. Alasan lainnya juga disebabkan permasalahan pada fisik.

Salah satu contohnya adalah permasalahan yang membuat anak jadi tidak dapat menahan rasa mulas atau keinginan untuk buang air kecil. Dampaknya mereka jadi langsung buang air tanpa dapat menahannya. Orangtua tentu perlu mencari penanganan yang tepat untuk mengatasi hal ini.

Orangtua tentu harus mencermati hal ini dengan baik agar anak jadi tidak mudah buang air begitu saja di celana. Cari solusi yang tepat untuk anak, ya! (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.