5 Tips Atasi Anak Gemar Cari Perhatian

5 Tips Atasi Anak Gemar Cari Perhatian

Akurasi.id – Anak-anak memiliki sifat yang terkadang tidak dapat ditebak sebab masih dalam proses pembentukan karakternya. Hal ini terkadang membuat anak-anak melakukan hal-hal yang tidak baik sebab ketidak tahuannya.

Sering kali anak-anak melakukan hal demikian sebab bermaksud mencari perhatian dari orang-orang di sekitarnya, khususnya orangtua mereka. Tentu saja, orangtua dapat mengajarkan anak yang gemar cari perhatian untuk tidak sampai melakukan hal-hal tidak baik. Cara mengajarkannya adalah dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Bersikap tenang dan sabar

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan tetap bersikap tenang dalam menghadapi anak dengan tipe yang seperti itu. Bersikap tenang dan coba untuk tetap bersabar, sehingga tidak mudah terbawa emosi.

Memarahi anak saat mencoba mencari perhatian hanya akan membuat suasana hatinya menjadi buruk. Anak pun jadi semakin sulit untuk diatur dan dinasehati.

  1. Mengajak anak bercerita tentang dirinya

Terkadang anak-anak belum paham bagaimana cara menyampaikan keinginannya dengan baik. Pada akhirnya, mereka menunjukan hal tersebut dengan justru bersikap berlebihan dalam mencari perhatian.

Untuk menghindari hal yang demikian, orangtua dapat mengajak anak untuk bercerita tentang dirinya sendiri. Melalui sikap yang terbuka, maka anak akan senantiasa menyampaikan perasaannya sehingga tidak perlu bersikap layaknya mencari perhatian.

READ  Cara Ayah Beri Quality Time untuk Anak Perempuannya
  1. Menjelaskan pada anak mengenai batasan-batasan yang ada

Orangtua memiliki peran penting untuk menasehati anak mengenai hal yang perlu diketahuinya. Salah satunya adalah dengan menjelaskan mengenai batasan-batasan yang ada.

Anak-anak perlu tahu bahwa batasan-batasan seperti berteriak di tempat umum, melakukan hal yang tidak membuat orang lain nyaman, atau memukul orang bukan sesuatu yang terpuji. Tindakan ini sudah termasuk ke dalam hal-hal yang telah melebihi batasan.

  1. Membiasakan anak untuk selalu bersikap ekspresif dalam berbicara

Ada beragam cara anak dalam mencari perhatian dari orang-orang di sekelilingnya. Mereka bisa menggunakan verbal, hingga motoriknya.

Itulah mengapa orangtua perlu membiasakan anak untuk mencoba bersikap ekspresif dalam berbicara. Sikap ekspresif ini dapat membuat anak mudah menyampaikan keinginannya, sehingga tidak ditunjukan melalui tindakan yang tidak baik.

READ  Tips Mudah Ajarkan Si Kecil untuk Bersifat Rendah Hati
  1. Mencurahkan perhatian yang sehat pada anak

Penyebab anak melakukan hal-hal yang tidak baik tentu saja sebagai bentuk dalam mencari perhatian. Orangtua juga perlu melakukan evaluasi diri dalam memberikan perhatian pada anak selama ini.

Jangan ragu untuk mencurahkan perhatian secara sehat pada anak. Jangan sampai justru perhatian yang diberikan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang manja.

Membiasakan anak untuk terbuka dalam menyampaikan perasaannya dapat mencegah anak untuk berusaha gemar cari perhatian di depan umum. Tentunya, orangtua perlu peka dan bijak dalam menghadapi anak dengan karakter seperti itu. Jangan langsung terpancing emosi, ya! (*)

Sumber: IDNtimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.