Tips Membangunkan Anak di Pagi Hari dengan Mengurangi Drama

Tips Membangunkan Anak di Pagi Hari dengan Mengurangi Drama

Akurasi.id – Memiliki anak kecil memang menjadi tantangan tersendiri bagi kebanyakan orangtua, khususnya pada saat pagi hari. Kerepotan yang sering muncul terkadang menjadi penyebab dari riuhnya aktivitas pagi hari. Berikut tips membangunkan anak di pagi hari.

Anak-anak seringkali merasa sulit untuk dibangunkan tidur, apalagi jika sudah menunda dalam bersiap-siap ke sekolah. Tentunya hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri yang tak mudah untuk dilalui. Untuk mempersiapkan anak agar tak malas bangun di pagi hari, beberapa tips membangunkan anak berikut ini bisa dicoba oleh banyak orangtua.

  1. Selalu membuat aturan jam tidur bagi keluarga

Para orangtua memiliki peran yang tegas untuk menentukan aturan di rumah. Tentu saja hal ini juga termasuk dengan aturan jam tidur bagi keluarga.

Semua anggota keluarga, khususnya anak-anak, wajib menaati peraturan mengenai jam tidur. Jika tidak diberlakukan aturan yang demikian, anak akan sulit untuk tidur dengan teratur sehingga mudah bangun kesiangan.

  1. Untuk anak yang rutin menggunakan gadget, aktifkan screen time

Anak-anak zaman sekarang kadang kala sulit lepas dari penggunaan gadget di setiap harinya. Tentu saja orangtua juga harus mewaspadai kebiasaan semacam ini dengan cara yang tepat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan mode screen time pada ponsel miliki anak. Cara ini akan membantu anak dalam mengurangi intensitas penggunaan ponsel menjelang tidur.

  1. Cukupkan tidur siang pada anak

Anak-anak biasanya memiliki waktu tersendiri untuk tidur siang setelah pulang sekolah. Waktu istirahat inilah yang juga harus dimaksimalkan secara penuh oleh anak.

Jangan sampai jam tidur siang anak berkurang karena terlalu lama bermain. Dengan waktu tidur siang yang cukup, anak pun nantinya tidak akan tidur terlalu larut dan juga dapat bangun lebih awal.

READ  Beberapa Hal Wajib Diajarkan pada Anak Laki-laki
  1. Saling membagi waktu bersiap di pagi hari

Untuk kebiasaan lainnya yang sering menimbulkan keributan di rumah adalah pada saat bersiap-siap pergi ke sekolah. Biasanya para orangtua akan terlibat drama bila anak-anaknya enggan untuk segera bersiap-siap.

Para orangtua dapat menyiasatinya dengan saling membagi waktu bersiap secara bijak di pagi hari. Waktu ini dimaksudkan agar anak tidak saling berebut atau pun nantinya akan memahami jadwal-jadwalnya saat harus bersiap-siap.

  1. Berikan apresiasi terhadap anak

Meskipun kadang kala para orangtua dan anak-anak banyak terlibat dalam drama di pagi hari, ada pula saat semuanya berjalan dengan baik. Hal inilah yang kemudian harus digunakan orangtua dalam mengambil hati anak.

Jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi pada anak terhadap apa yang telah dilakukannya hari ini. Kelak anak akan paham bahwa rutinitas yang dilakukannya tepat sehingga harus menjadi kebiasaan setiap harinya.

Melalui cara-cara yang tepat, tentunya para orangtua jadi bisa meminimalkan kemungkinan anak untuk terlibat drama saat membangunkan tidur atau bersiap-siap sekolah. Mudah dipraktikkan, bukan? (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *