Tips Mengajarkan Anak Salat Lima Waktu dengan Teratur

Tips Mengajarkan Anak Salat Lima Waktu dengan Teratur

Akurasi.id – Memiliki anak yang baik dan rajin beribadah tentunya menjadi impian bagi hampir semua orangtua. Hal ini tidak hanya menjadi kebanggaan, namun juga menjadi sesuatu yang disyukuri oleh para orangtua. Karenanya orangtua perlu tahu tips mengajarkan anak salat lima waktu secara teratur.

Untuk dapat memiliki anak yang rajin beribadah, salah satunya para orangtua harus mendidik mereka untuk menunaikan salat dengan tepat waktu. Orangtua dapat mulai dari tips mengajarkan anak salat tepat waktu berikut ini.

  1. Perkenalkan segala hal tentang ibadah, khususnya salat pada anak

Anak-anak harus diperkenalkan sejak awal mengenai banyak hal. Tentunya ini juga termasuk dengan jenis ibadah, khususnya salat.

Perkenalkan anak dengan salat sedini mungkin untuk membuatnya semakin mengenal dan memahami bagaimana salat dapat dilakukan. Dengan demikian, maka salat tidak lagi menjadi sesuatu yang asing untuknya.

  1. Ajak anak untuk salat bersama orangtua

Orangtua tidak cukup hanya memperkenalkan saja dengan anak, tapi juga harus turut mengajak anak dalam melakukannya. Menurut artikel yang dilansir Proverbs 31 Mentor, mengajak anak untuk turut melakukan salat bersama orangtua bisa membantu.

Nantinya anak akan merasa bahwa salat merupakan suatu kewajiban yang dapat dilakukan bersama keluarga. Hal ini akan membuat mereka nyaman dalam melaksanakan salat.

  1. Selalu berikan contoh pada anak

Anak merupakan peniru terbaik dan orangtua merupakan sosok yang selalu ditiru oleh anak. Tak heran bila orangtua wajib memberikan contoh yang baik pada anak.

Dilansir Learn Religious, jika ingin membuat anak rajin melaksanakan ibadah salat secara tepat waktu, maka berikan contoh tersebut pada anak. Kelak anak akan mencontoh apa yang orangtuanya lakukan dan menjadikan salat sebagai kewajibannya sehari-hari.

READ  Daftar Tablet Murah untuk Belajar Online, Harga 2 Jutaan Lengkap dengan Spesifikasi
  1. Menanamkan pentingnya melakukan ibadah salat

Orangtua tak cukup dengan meminta anak melakukan salat secara praktik saja. Namun, orangtua juga wajib menjelaskan alasan mengapa setiap orang harus melaksanakan salat.

Nantinya orangtua dapat menjelaskan hal tersebut dengan kalimat yang mudah dipahami oleh anak. Dengan memahami tujuannya dengan baik, maka anak bisa melaksanakan salat dengan pemahaman yang lebih matang.

  1. Berikan pujian jika anak melakukannya dengan baik

Anak-anak tentunya tak boleh luput dari bentuk apresiasi sebagai salah satu cara dalam upaya mendukungnya dan menghargai usahanya. Sebagai orangtua, tentunya kamu dapat memberikan pujian kepadanya sebab ia telah melakukannya dengan baik.

Orangtua tidak boleh lelah dalam mengajak, menasihati, dan mengapresiasi anak. Melalui  cara yang demikian, biasanya anak akan merasa bahwa ia dihargai dan salat sudah menjadi kewajibannya sehari-hari.

READ  7 Tips Memilih Lagu untuk Anak-anak

Semua bentuk usaha di atas tentunya harus konsisten dilakukan oleh orangtua sebaik mungkin. Hal ini untuk membuat anak jadi terbiasa dalam melaksanakan kewajibannya untuk salat lima waktu dengan tepat. Berikan contoh yang baik, ya! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *