Tips Mengajarkan Anak Tentang Covid-19 Beserta Prokesnya

Tips Mengajarkan Anak Tentang Covid-19 Beserta Prokesnya

Akurasi.id – Anak-anak mungkin belum sepenuhnya paham dengan pandemi virus corona dan dampak dari paparan virus tersebut. Untuk mengajarkan anak tentang Covid-19 dibutuhkan penyampaian yang komunikatif serta bahasa yang mudah dimengerti.

Penggunaan media visual seperti foto dan video bisa menjadi salah satu cara untuk menjelaskan situasi pandemi saat ini. Selain itu, ada pula cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengajari anak agar tetap aman dan mematuhi protokol kesehatan selama pandemi, untuk itu simak tips mengajarkan anak tentang Covid-19 serta prokesnya, dilangsir dari review.bukalapak.com, Sabtu (20/11/2021).

Berikan penjelasan tentang apa itu virus corona?

Anak akan lebih mudah mengerti jika diberikan pemahaman dasar mengenai virus corona. Kamu bisa memulainya dengan menjelaskan bahwa kuman seperti virus corona adalah mikroorganisme kecil yang tidak terlihat tapi bisa menyebar dari satu orang ke orang lain.

Supaya lebih mudah dalam menjelaskan, kamu bisa menggunakan media visual seperti gambar dan video animasi yang kini banyak beredar di internet. Beberapa cerita mengenai virus corona yang dapat diakses secara gratis di internet.

Berikan contoh

Dengan memberikan contoh yang baik, orang tua dapat melatih anak-anak mereka untuk menerapkan protokol kesehatan. Lakukan kebiasaan keselamatan di rumah sehingga anak bisa mengikuti dan menjalankannya tanpa perlu pengawasan.

READ  Berikut Tips Membeli Smart TV, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Ajari memakai masker

Anak yang berusia dua tahun ke atas sudah bisa menggunakan masker. Oleh karenanya kamu bisa mulai mengajarkan si kecil untuk mengenakan masker saat hendak keluar rumah.

Namun, mengajarkan anak untuk mau memakai masker memang bukan perkara mudah. Tak sedikit anak merasa risih karena tak bisa melihat ekspresi lawan bicara. Alhasil, anak menjadi takut dan beranggapan kalau situasi di luar sangat tidak aman.

Nah, supaya anak mau mengenakan masker, berikan contoh saat kamu dan pasangan menggunakan masker setiap keluar rumah. Kemudian, perlihatkan kepada si kecil dan katakana kepadanya, “Lihat, Ayah dan Bunda sudah pakai masker!”

Jangan lupa untuk mengajarkan etika saat memakai masker, misalnya tidak menyentuh-nyentuh masker dan selalu mencuci tangan setelah memasang atau melepas masker. Selain itu, biarkan anak untuk memilih masker kesukaannya.

READ  7 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui

Biasakan anak untuk menjaga jarak saat berada di ruang publik

Menjaga jarak menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan selama pandemi COVID-19. Saat harus keluar rumah dengan si kecil, ajarkan mereka untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter dan hindari kerumunan saat sedang berada di ruang publik.

Ajarkan pula etika ketika batuk dan bersin agar tak membuat orang di sekitar mereka merasa khawatir dan panik. Gunakan kalimat sederhana agar anak lebih mudah memahaminya.

Melatih cuci tangan

Sebagai orang tua, kamu harus memastikan anak-anak untuk selalu mencuci tangan setiap kali mereka pergi ke kamar mandi, masuk ke rumah, dan selesai makan. Agar si kecil rajin mencuci tangan, belilah sabun kemasan yang warnanya menarik atau memiliki aroma buah.

READ  Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik 2021

Pastikan wastafel bisa diakses oleh si kecil. Jika wastafel terlalu tinggi untuknya, belikan bangku kecil agar anak dapat meraih keran dan sabun. Selain itu, beri tahu anak alasan di balik harus cuci tangan. Jelaskan bahwa mencuci tangan dapat menghilangkan kuman yang membuatnya sakit.

Lakukan simulasi protokol kesehatan di rumah

Mengajarkan anak sekolah dasar untuk mentaati protokol kesehatan mungkin lebih mudah ketimbang anak usia dini. Bagi anak usia dini yang masih belum paham mengenai kondisi pandemi saat ini, kamu bisa melatih mereka dengan praktik melalui simulasi di dalam rumah. Atau, kamu bisa bermain peran bagaimana nanti kalau si kecil sedang berada di luar rumah.

Membiasakan si kecil untuk beraktivitas di rumah

Selain mengedukasi anak tentang virus corona, orang tua juga perlu memberikan pengertian tentang pentingnya berada di rumah selama 14 hari dan informasi mengenai apa itu social distancing. Penjelasan tentang hal ini bisa dimulai dari alasan mengapa anak harus belajar di rumah bukannya di sekolah dan tidak dulu pergi ke tempat hiburan saat akhir pekan.

READ  7 Perawatan Kulit ala Seleb Korea Selatan, Simpel Tapi Efektif

Jika anak menunjukkan tanda bosan berada di rumah, kamu bisa berkolaborasi merancang kegiatan seru bersama si kecil. Pikirkan kegiatan seru yang bisa membuat anak betah berada di rumah, terutama saat akhir pekan.

Menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) saja tidak cukup jika ingin memutus mata rantai penyebaran virus corona. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ajak anak untuk membiasakan pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi buah dan sayuran, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta berolahraga di dalam rumah.

Terapkan aturan

Agar si kecil terbiasa untuk melakukan kegiatan yang sudah disebutkan sebelumnya, penting bagi orang tua untuk mengingatkan anak setiap saat. Kamu juga bisa membuat peraturan terkait penerapan protokol kesehatan.

Misalnya, sebelum bepergian, si kecil harus mengenakan masker terlebih dahulu sebelum memakai sepatu atau membuka pintu rumah. Atau, setelah bepergian, si kecil harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke kamarnya.

Jangan memaksa anak dan memarahinya

READ  Deddy Corbuzier Panen Hujatan, Sindir Santri Tutup Telinga Dengar Musik

Jika si kecil masih belum terbiasa untuk menerapkan 3M, kamu tidak perlu memaksa dan memarahinya, ya. Bagaimana pun, kamu harus bisa membuat kegiatan ini sebagai hal yang menyenangkan. Bersabarlah dalam mengajarinya dan jangan lengah dalam memberikan contoh karena anak pasti akan mengikuti apa yang dicontohkan oleh orang tuanya.

Itu dia tips mengajarkan anak tentang prokes dan COVID-19. Yuk, mulai biasakan si kecil untuk menerapkan protokol kesehatan agar ia terhindar dari paparan virus corona! (*)

Editor: Rezki Jaya
Sumber: Review.bukalapak.com/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *